HUKUM ARCHIMEDES

Apabila kita mengangkat sebuah benda (misalnya batu) di udara, kemudian dimasukkan ke dalam air dan kita angkat kembal, maka ketika diangkat dari dalam air ternyata benda tersebut terasa lebih ringan dibandingkan pada saat di udara. Mengapa demikian ?. Apakah berat benda tersebut berkurang ketika berada di dalam air?.

 

Sesungguhnya benda yang berada di dalam air beratnya tidak berkurang. Hanya pada saat benda berada dalam air , benda mengalami gaya ke atas yang dikerjakan air pada benda, sehingga berat benda seolah – olah berkurang.

 

Peristiwa adanya gaya ke atas yang bekerja pada sebuah benda yang tercelup ke dalam air atau zat cair lainnyapertama kali dijelaskan  oleh seorang ahlimatematika dan filsup yunani bernama Archimedes (287 – 212 SM).

 

Menurut Archimedes :

Sebuah benda yang tercelup sebagaian atau seluruhnya ke dalam air atau zat cair lainnya akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya.

Pernyataan Archimedes ini disebut Hukuk Archimedes

Contoh soal :

1.    Sebuah benda ditimbang dengan menggunakan neraca  pegas beratnya 50 N. Kemudian benda tersebut ditimbang sambil dicelupkan  seluruhnya ke dalam air dalam sebuah wadah, beratnya menjadi 40 N. Apabola massa jenis air 1000 kg/m3 dan percepatan grafitasi 10 m/s2, berapakah besarnya gaya ke atas yang dialami benda dan massa jenis benda tersebut?.

2.    Sebuah benda dengan volume 8000 cm3 dan massa jenisnya 1500 Kg/m3 tercelup dalam air seluruhnya. Massa jenis air 1000 Kg/m3, percepatan grafitasi bumi 10 m/s2 . Berapakah besar gaya ke atas yang dialami benda dan berat benda di dalam air?.

a.    Tenggelam

Sebuah benda dikatakan tenggelam jika benda tersebut tercelup seluruhnya dan berada di dasar suatu zat cair. Sebuah benda akan tenggelam di dlam suatu zat cair jika berat benda (w) lebih besar dari pada gaya ke atas (FA). Dengan kata lain, sebuah benda akan tenggelam  di dalam suatu zat cair jika massa jenis benda lebih besar dari pada massa jenis zat cair dan volume benda sama dengan volume zat cair yang dipindahkan  (VA = Vf), sehingga ketika benda tenggelam , berlaku persamaan berikut.

b.  Melayang

Sebuah benda dikatakan melayang jika benda tersebut tercelup seluruhnya tetapi tidak mencapai dasar dari zat cair tersebut. Suatu benda akan melayang di dalam suatu zat cair jika berat benda (w) sama dengan gaya ke atas (FA). Jadi dalam keadaan melayang, massa jenis benda (rb) sama dengan massa jenis zat cair (rf) dan volume benda sama dengan volume zat cair yang dipindahkan (Vb = Vf), sehingga ketika benda melayang berlaku persamaan berikut.

c.  Terapung

Sebuah benda dikatakan terapung jika enda tersebut tercelup sebagian di dalam zat cair. Dalam keadaan terapung , volume benda yang tercelup  dalam zat cair lebih kecil dari pada volume benda (Vb > Vf). Pada kasus benda terapung, berat benda (w)  sama dengan gaya ke atasnya(FA). Oleh karena itu , dalam keadaan terapung massa jenis benda  (rb) lebih kecil dari pada massa jensi zat cair(rf). Sehingga dalam keadaan ini berlaku persamaan berikut.

Contoh soal :

1.    Dalam bejana berisi air, terapung segumpal es yang massa jenisnya = 0,9 g/ Cm3 . bagian es yang tercelup, volumenya sama dengan 0,18 m3. Tentukanlah seluruh es seluruhnya ?.

2.    Selembar seng massanya 30 gr dikaitkan pada balok kayu yang sedang terapung di atas permukaan air sehingga sistem balok kayu dan seng tersebut bergerak ke bawah dan melayang  di dalam air. Jika massa jenis seng 7100 kg / m3 , massa jenis balok kayu 800 kg / m3 , dan massa jenis air 1000 kg/m3 . Hitung balok kayu tersebut ?.

 

Satu Tanggapan to “HUKUM ARCHIMEDES”

  1. audina syafirah purba Says:

    berikan contoh soalnya donk ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: