Tabel Pada Microsoft Access

Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah data base yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah.

Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access diantara dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.

Sebelum memulai sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memilki anggapan bahwa Microsoft Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan cepat untuk melanjutkan kepokok bahasan berikutnya.

MEMULAI  MICROSOFT ACCESS

Sebelum memulai microsoft Access, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu database dan apa saja komponen yang ada di dalamnya.

Pengertian Tabel, Field dan record

Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan dari beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan.

Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut :

Jadi yang dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel. Sedangkan record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel.

Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Taskbar Windows 95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start -> Program -> Program MS-Access.

Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar berikut :

LEMBAR KERJA MS- ACCESS

Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :

  1. Blank Access Database
  2. Access database Wizards.

Jika Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada menu tools  dan matikan Check  Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.

Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog MS Access

Tampilan Jendela  MS Access

MEMBUKA FILE DATABASE

Membuka file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan disimpan. Selain membuka jendela database yang pernah dibuat Anda bisa membuka jendela database baru yang masih kosong dengan cara Klik menu file, pilih New atau pada Toolbars klik tombol new. Apabila Anda membuka jendela database baru maka  jendela database yang terbuka sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access tidak dapat membuka lebih dari satu file database.

Untuk membuka file database dapat menggunakan salah satu cara berikut :

  1. Pilih File -> Open dari Menu Bar
  2. Klik tombol Open yang ada pada bagian toolbars pada database
  3. Tekan tombol Shorcut Key , Ctrl + O

2.2.4. MENUTUP FILE DATABASE

Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum menutup file, simpan seluruh data yang pernah Anda buka. Untuk menutup file database, Anda dapat menggunakan salah satu llangkah berikut ;

  1. Klik File ->Close pada Menu Bar
  2. Tekan tombol kombinasi shorcut Key  Ctrl + F4 atau Ctrl + W
  3. Klik icon Close pada Menu Bar dibagian sudut kanan atas dari jendela database

2.2.5. MENUTUP PROGRAM MS ACCESS

Menutup program MS Access berarti keluar dari program MS Access. Untuk keluar dari program MS Access dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini :

  1. Klik File ->Exit pada menu Bar
  2. Tekan tombol kombinasi shorcut Key  Alt + F4
  3. Klik icon Close pada Title Bar dibagian sudut kanan atas dari jendela database.

Mempersiapkan aplikasi MICROSOFT ACCESS.

PROYEK MEMBUAT PROGRAM PENERIMAAN SISWA BARU

  • Buka aplikasi Microsoft Access
  • Klik File New
  • Pilih Blank Database

  • Create nama file database

Setelah anda mengisi nama database, anda bisa langsung mengklik tombol create atau menekan tombol enter.

3.1.1. Membuat  Tabel

Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu:

  1. Create table in design view
  2. Create table by using wizard
  3. Create table bya entering data

Pada saat ini kita akan membuat tabel dengan cara yang pertama yaitu Create table in Design View. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Tampilan awal create table in design view

  • Klik 2 x create table in design view sehingga terbuka jendela seperti dibawah ini :

KETERANGAN :

  • Field Name

Fungsinya untuk memasukkan nama-nama field dari suatu tabel.

  • Data Type

Barbagai macam tipe data yang ada di ACCESS sebagai berikut:

b.1.   Text  = Merupakan tipe data yang sering digunakan ( Alfabetic dan Numeric). Panjang maksimumnya 255.

b.2.   Number = Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.

b.3.   Date/Time = Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter.

b.4.   Memo = Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.

b.5.   Currency = Sering digunakan untuk nilai mata uang.

b.6.   AutoNumber = Berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah.

b.7.   Yes/No = Berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/false dan On/Off.

b.8.   OLE Object = Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.

b.9.   Hyperlink = Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text. Digunakan untuk manyimpan pointer ke situs web.

b.10. Lookup Wizard = Untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.

C. Description = Sebagai keterangan yang akan mempermudah dalam memahami field name

  • Masukan nama-nama field

  • Tentukan primary Key (Contoh :No_pendf)
  • Setelah itu klik close pada pojok kanan atas
  • Klik yes, lalu beri nama tabel (contoh:daftar) kemudian klik OK

  • Hasil dari pembuatan tabel tersebut di atas akan tampak seperti gambar di bawah :

Setelah tabel terbentuk selanjutnya terserah kita untuk melakukan proses terhadap tabel tersebut selanjutnya.

Menentukan Primary Key

Untuk menentukan dan mengubah primary key pada suatu field, ikuti langkah berikut ini:

1. Pilih dan klik tabel yang anda inginkan ubah primary key-nya.

2. Klik tombol toolbar Design.

3. Pilih dan Klik nama field yang ingin dijadikan primary key

4. Pilih dan klik menu Edit, Primary Key atau klik tombol toolbar Primary Key.

Menambah Field

  • Buka file   à  Pilih Table Daftar
  • Pilih Design View
  • Sisipkan field baru (Contoh Nama_ortu) caranya sama dengan membuat field pertama kali.

  • Klik Field Ket à  Klik Menu Insert à rows
  • Masukan nama field baru (contoh Asal_skl)

  • Kemudian klik close dan Save OK

Menghapus Record

Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada tampilan data Sheet view. Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

1)    Di dalam jendela data Sheet pilih Record yang ingin Anda hapus dan berikan salah satu perintah berikut :

  • Pilih perintah Delete dari menu Edit

Tekan tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,

  1. Tekan Tombol Del yang ada di Keyboard atau,
  2. Klik Kanan Record yang ingin Anda hapus dari daftar pilihan menu yang tampil plih perintah delete Record.

1)    Setelah Anda melakukan salah satu perintah di atas maka akan tampil kotak Konfirmasi pilih

Yes apabila Anda benar-benar ingin menghapus Record dan tombol No apabila ingin

membatalkan proses penghapusan.

Tugas :

2 Tanggapan to “Tabel Pada Microsoft Access”

  1. dita Says:

    Thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: