Berlatih Menyusun Proposal PTK

IDENTIFIKASI MASALAH PTK
I. Identifikasi Masalah Penelitian Tindakan Kelas
1. Kemukakanlah masalah –masalah atau kendala – kendala yang
Anda hadapi ketika melaksanakan kegiatan belajar–mengajar
mata pelajaran yang diberikan kepada siswa (berkaitan dengan
penggunaan media, strategi, model, lingkungan belajar, sistem
penilaian, implementasi kurikulum)!

1. Apakah metode presentasi oleh siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
2. Apakah metode presentasi oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa
3. Apakah pemberian penghargaan berupa gambar bintang kepada siswa dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar TIK
4. Apakah pemberian penghargaan berupa gambar bintang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
5. Apakah penerapan tutorial sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
6. Apakah penyediaan bahan ajar melalui internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa
7. Pada materi onternet siswa jarang mampu memusatkan diri pada mata pelajaran yang sedang diajarkan kurag berhasil
8. Kebiasaan siswa yang kurang baik ketika praktek materi internet
9. Kebiasaan yang buruk seringnya tugas yang diberikan tidak ada umpan balik
10. Kurangnya kesiapan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari
11. Kebiasaan saya yang buruk dalam memberikan penilaian terhadap tugas – tugas siswa
12. Kebiasaan saya yang buruk dalam menghadapi situasi dikelas yang cenderung ramai
13. Kebiasaan saya yang jelek dalam menjelaskan materi pelajaran di kelas
14.

2. Pilihlah salah satu masalah yang menuntut Anda mendesak !
……………………………………………………………………………………………

3. Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera
dicarikan pemecahannya!
…………………………………………………………………………………………

4. Analisislah penyebab munculnya masalah yang Anda rumuskan
tersebut
………………………………………………………………………………………………

5. Dapatkanlah satu alternative pemecahan masalah untuk
memecahkan masalah urgent yang Anda hadapi tersebut!
Alternatif pemecahan masalah itu haruslah bertolak dari hasil
analisis dan didasarkan pada TEORI tertentu
…………………………………………………………………………………………

II. Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas
1. Tulislah judul PTK yang Anda usulkan
……………………………………………………………………………………………

Apakah judul PTK Anda telah mencantumkan hal –hal berikut:
a. Tujuan/tindakan
b. Cara menyelesaikan masalah (solusi)
c. Tempat penelitian dilaksanankan (seting)

2. Deskripsi masalah yang Anda hadapi!
……………………………………………………………………………………………

Apakah masalah yang Anda deskripsikan telah memuat hal –hal
sebagai berikut?

a. Apakah deskripsi maslah telah disesuaikan dengan kondisi
nyata tentang kendala–kendala yang Anda hadapai sewaktu
melaksanakan KBM dengan menerapkan strategi pengajaran
dan pembelajaran kontekstual?

b. Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu
masalah yang mendesak untuk segera dilaksanakan?

c. Apakah deskripsi masalah telah memuat tentang hasil
analisis masalah?

d. Apakah deskripsi maslah telah memuat tentang refleksi
awal?

e. Bagaimana perumusan masalah?

3. Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang Anda
ajukan!
………………………………………………………………………………………

Apakah pemecahan masalah yang Anda ajukan memenuhi
rambu –rambu berikut?
a. Apakah ada alternative pemecahan masalah?
b. Apakah alternative pemecahan masalah itu didasarkan teori
tertentu?
c. Apakah alternative pemecahan masalah itu bertolak dari
hasil analisis?

4. Rumuskan hasil yang diharapkan dari penelitian Anda (buatlah
rumusan masalah caranya Judul buat kalimat tanya )!
…………………………………………………………………………………………

Apakah rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian Anda
telah memuat hal –hal sebagai berikut :
a. Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan
hasil yang diharapkan bagi siswa?
b. Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan
hasil yang diharapkan bagi praktisi?

5. Kemukakanlah prosedur tindakan yang akan Anda lakukan
dalam PTK ini!
…………………………………………………………………………………………

Apakah dalam deskripsi tentang prosedur tindakan telah Anda
kemukakan hal –hal sebagai berikut :
a. Apakah ada deskripsi tentang setting dan karakteristik
subjek?
b. Apakah ada variable/factor yang diselidiki?
c. Apakah ada rencana tindakan yang mencakup misalnya
scenario pembelajaran, implementasi tindakan, observasi,
dan evaluasi, analisis, dan refleksi?

6. Tulislah lokasi penelitian Anda!
…………………………………………………………………………………………

7. Tulislah personil tim peneliti Anda!
Ketua Tim Peneliti
Nama lengkap : ………………………………………………
Jenis kelamin : ………………………………………………
NIP : ………………………………………………
Pangkat/Gol. : ………………………………………………

CONTOH FORMAT PENGAMATAN SISWA
Mata pelajaran : ………………………………………….
Guru yang mengajarkan : ………………………………………….
Topik yang diajarkan : ………………………………………….
Waktu : ………………………………………….
NO CIRI PERILAKU SISWA DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR ADA/YA TIDAK ADA KOMENTAR
1 Mencari dan memberikan informasi
2 Bertanya pada guru atau siswa
3 Mengajukan pendapat atau komentar lepada guru atau siswa
4 Diskusi atau memecahkan masalah
5 Mengerjakan tugas yang diberikan guru
6 Memamfaatkan sumber belajar yang ada
7 Menilai dan memperbaiki pekerjaan
8 Membuat simpulan sendiri tentang Pembelajaran yang diterima
9 Dapat menjawab pertanyaan guru dengn tepat pada saat KBM
10 Memberikan contoh dengan benar
11 Dapat memecahkan masala dengan tepat
12 Ada usaha dan motivasi untuk mempelajari bahan pelajaran atau stimulus yang diberrikan guru
13 Dapat bekerja sama dan berhubungan dengan siswa lain
14 Menyenangkan dalam KBM
15 Dapat memberikan jawaban dari guru diakhir pelajaran

Keterangan :
No. 1 sampai dengan no. 8 ialah ciri proses sedangkan
no. 9 sampai dengan no. 15 ialah ciri hasil belajar.
………….., ………………..

Penyaji,
Pengamat,
1. ………………..
2. ………………..
3. ……………….. ……………………….

CONTOH FORMAT PENGAMATAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Mata Pelajaran : ……………………………….
Satuan Pendidikan : ……………………………….
Kelas/Semester : ……………………………….
Waktu : ……………………………….
Butir Pembelajaran : ……………………………….

Bagian Pengamatan Apakah guru Melaksankan Komentar
Persiapan Skenario pembelajaran/ perencanaan pembelajaran Ya Tidak
Penyiapan alat/media pembelajaran
Persiapan
Penampilan penyaji
Penyajian PENDAHULUAN
Pemeriksaan kehadiran siswa
Pelaksanaan apersepsi
Pengungkapan tujuan pembelajaran
Pemberian motivasi pembelajaran yang menarik berkaitan dengan tujuan
pembelajaran
Penjelasan alur pelaksanaan pembelajaran (pengelompokan dsb. )
POKOK
Penerapan strategi pembelajaran
Pemanduan sajianm ateri pembelajaran
(keterpaduan bahan)
Penggunaan alat/media pembelajaran
Penerapan teknik bertanya
Pemberian pengalaman berbahasa kepada siswa
Pembahasan hasil kerja melibatkan
keaktifan siswa
Pemberian bimbingan siswa
Penggunaan bahasa penyaji
PENUTUP
Penggunaan sistem penilaian
(tetulis/lisan)
Pemberian tindak lanjut (perbaikan/pengayaan)
Pemahaman wawasan siswa (Tugas ke
Perpus takaan dsb.)
Penyajian
JUMLAH

Simpulan : ………………………………………………… ……………….
Saran –saran : ………………………………………………….. …………..
Pengamat, Penyaji,
1. ……………………………….
2. ………………………………..
3. ……………………………….. ……………………….
NIP.

Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas

A. Judul : singkat, spesifik, menunjukkan gambaran
masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata

B. Bab I Pendahuluan:
1. Latar belakang; berisi tentang hal yang terjadi di sekolah,
bersifat penting, bersifat mendesak, dapat dilakukan, jelas
masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata, gap kondisi
ideal dan kondisi nyata serta pemecahan masalah
2. Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi,
lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan
cara penyelesaian masalah.
3.Pemecahan masalah/identifikasi masalah; berisi tentang
uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas tindakan
pemecahan masalah.
4. Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan
berisi tentang tujuan yang dapat diukur ketercapaiannya.
5. Manfaat; berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau
komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa
inovasi.

C. Bab II Kajian Teori
Berisi tentang teori yang mendasari penelitian, kajian teori
mengungkap tentang : What (apa) berupa definisi atau pengertian,
Who ( siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (
mengapa) mengapa teori itu ada, How ( bagaimana) teori itu
digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang
lain)

D. Bab III Metode Penelitian
1. Seting penelitian; berisi tentang lokasi sekolah, kelas berapa,
jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa
lama penelitian dilakukan (sebutkan antara waktu)

2. Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan
yang menjadi acuan keberhasilan dalam setiap tindakan, berupa
gradasi seperti : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 :
cukup berhasil, 20-39 : kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil.
Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan
Minimal bisa dijadikan sebagai acuan,

3. Gambaran umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan
tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan
perencanaan, kegiatan pelaksanaan, kegiatan pengamatan serta
kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan
untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.

4. Instrumen yang digunakan, pedoman observasi, alat perekam
dll

E. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari
kegiatan dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana
tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru
dan kegiatan siswa.

F. Bab V Kesimpulan dan Saran
Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas
hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s