BEBERAPA PERCOBAAN UNTUK FLUIDA

PIPA PINDAH PANCURAN (FOUNTAIN)
Pasanglah sebuah penutup berlubang dua pada sebuah stoples gelas (sebuah botol kaca dari lampu listrik bekas).

melalui satu lubang pasanglah sebuah pipa pancar (jet) yang memanjang sampai kira – kira pertengahan jarak kebagian atas bejana dan biarkan menonjol kira – kira 2 cm di luar penutup. Melalui lubang yang lain masukkan sepotong pipa gelas pindah sedemikian sehingga salah satu ujungnya tepat rata dengan dengan alas penutup itu . Biarkan kira – kira 2 cm pipa itu menonjolkelura dari sumbat. Hubungkan pipa karet yang 20 cm panjangnya kepada pipa pancar. Hubungkan sebuah pipa karet yang panjangnya 1 m pada pipa yang lain.
Tuangkan air sedikit ke dalam botol, pasanglah penyumbatnya dan kemudian balikkan pipa pindah itu. Letakkan pipa karet yang pendek ke dalam tempat yang berisi yang di atas meja dan biarkan pipa karet yang panjang tergantung dan menuju ke dalam ember di atas lantai. Pancuran ini dapat kelihatan lebih baikjika air di dalam botol yang di atas meja diberi warna dengan sedikit tinta. Anda dapat membuat dua pipa pindah pancuran dengan membuat botol gelas lain yang sama dengan pertama dan hubungkan mereka bersama.

MODEL TURBIN REAKSI AIR
Sediakan botol limun yang telah dibuang dasarnya. lilitkan tali kawat dekat pada dekat dasar yang telah dibuang itu dan gantungkan botol itu seperti pada gambar . Pasanglah penyumbat berlubang dua pada mulut botol. Melalui lubang – lubang pada sumbat pasangkan pada pipa gelas yang dilengkungkan seperti gambar pada kedua ujungnya itu menghadap ke luar. Isilah botol itu dengan air dan perhatikan, kincir itu akan berputas ketika air memancar ke luar dari lubang pemancar.

MODEL RAM HIDROLIK
Ram hidrolik kadang – kadang berguna untuk menaikkan air dari permukaan air yang rendah kepada permukaan air yang tinggi. Ram ini dijalankan oleh aliran arus air. Anda dapat membuat model ram Hidrolik yaitu :
1. Sediakan sebuah botol limun yang telah dibuang dasarnya
2. Pasanglah penyumbat karet berlubang satu dan berpipa kaca
3. Sambungkan pipa itu dengan pipa bentuk T dari kaca atau logamyang salah satu ujungnya berslang karet
4. Sebuah pipa pemancar disambungkan pula padanya dengan slang karet
5. Perhatikan gambar di bawah
6. Isi botol itu dengan air dan jepit ujung slang satunya
7. Biarkan air itu keluar dari ujung pipa
8. hentikan tiba – tiba arus itu dengan dengan memijit cepat – cepat pada pipa
9. Perhatikan tingginya air yang memancar dari pipa pancar
10. Biarkan air itu silih berganti mengalir dan berhenti
Itulah cara pembuatan sekaligus cara kerja ram hidrolik

MEMPERLIHATKAN BAHWA ZAT CAIR MEMBERIKAN TEKANAN
Hubungkan dua potong pipa kaca yang masing – masing 15 cm yang panjangnya atau dua potong plastik yang tembus panjang dengan sepottong pipa karet dan pasangkan hingga ujung – ujung pipa itu menghadap ke atas seperti gambar di bawah. . Isilah pipa kaca itu dengan air berwarna kira – kira 6 atau 8 cm tingginya. ini adalah pengurkur tekanan atau manometer. tutuplah mulut corong kecil dengan karet tipis dan diikat kokoh dan tegang dengan benang atau kawat. Pasangkan corong itu dengan manometerdengan menggunakan pipa karet sepanjang 30 cm. Masukkan corong itu ke dalam air dalam ember dan amati manometer tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s